Sabtu, 07 Desember 2013

ASAP BUSUR HUJAN: Cerita dibalik Judul


­­
­­ASAP BUSUR HUJAN: EDISI SERIAL

Latar Belakang Cerita ASAP BUSUR HUJAN
            Mengapa saya memberi judul cerita antara Jimi dan Rain dengan judul ASAP BUSUR HUJAN?
            Jadi begini latar belakang pengambilan judul ASAP BUSUR HUJAN. Awalnya cerita ini hanyalah sebuah hayalan saya (Dwi) yang ingin membuat sebuah cerita romantis ala anak muda jaman kini, dan satu-satunya cara untuk membuat cerita dengan real adalah melalui pengalaman pribadi sang penulis cerita. Mungkin, cerita ini diawali dari perasaan menggebu-gebu saya setelah membaca beberapa hasil karya penulis-penulis hebat Nusantara. So, saya akan menjelaskan secara terperinci mengapa saya memberi judul ASAP BUSUR HUJAN.

            ASAP? Mengapa harus mengambil istilah ini? Istilah ASAP saya ambil karena tokoh Jimi pada serial ini memiliki kebiasaan buruk, yaitu Merokok. Lalu definisi lain dari kata ASAP yang saya gunakan itu menunjukkan bahwa ASAP adalah awal sebelum timbulnya Hujan. Nah, cukup menarik bukan, bahwa setelah munculnya ASAP akan dibarengi dengan turunnya HUJAN, ya HUJAN itu digambarkan lewat tokoh Rain yang berarti HUJAN dalam bahasa Inggris.

            BUSUR HUJAN? Kata ini diambil dari efek setelah turunnya Hujan, yakni Pelangi. Dalam KBBI Pelangi itu adalah: lengkung spektrum warna di langit, tampak karena pembiasan sinar matahari oleh titik-titik hujan atau embun. Oleh karena itulah judul yang saya ambil adalah ASAP BUSUR HUJAN.

Pengenalan Tokoh.
JIMI
Ialah seorang anak muda yang dengan lantangnya membawa pesan revolusi sistem atas nama kedamaian. Tokoh ini sangat singkron dengan pengambilan titel cerita ini, yaitu: Asap.

RAIN
Seorang wanita yang cantik jelita, walau tubuhnya mungil namun ia sangat dapat dijadikan inspirasi semua wanita Indonesia, bahkan Dunia. Di jaman Kaliyuga ini, sulit sekali menemukan wanita yang cantik jelita namun tidak pernah meninggalkan perintah Tuhan, yaitu Beribadah sholat lima waktu. Tokoh ini adalah sang penyejuk, disingkronkan dengan pengambilan Hujan.

Lalu bagaimana dengan BUSUR HUJAN atau PELANGI?
            Diawali dari datangnya Asap lalu turunlah Hujan, namun setelahnya fenomena unik nan indah akan muncul, ya Pelangi atau Busur Hujan. Oleh karena itu perbedaan kedua sifat Jimi dan Rain diibaratkan dapat berjalan bersama dan seirama, seperti Pelangi. Mereka berbeda namun Bersama, bagai Pelangi. Efek yang ditimbulkan dari Jimi dan Rain yang bersatu adalah sebuah garis yang terdiri dari banyak warna yang mampu membelah Bumi dan nampak Indah, sebuah Keserasian.

Begitulah singkat cerita mengapa saya mengambil judul ASAP BUSUR HUJAN untuk edisi serial seorang Jimi, si Bocah Melankolis.

#AsapBusurHujan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar